Gubernur Jawa Tengah Bangga Atas Prestasi SMKN Jateng

by Fajar BPTIKP | 20-06-2017 14:31 WIB | 1083 Views | Kategori : DIKJUR
foto berita
Semarang – 17/6 .Wisuda prasetya alumni SMK Negeri Jawa Tengah dilaksanakan dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sekaligus bertindak sebagai inspiktur upacara di lapangan Balai Pengembangan Pendidikan Kejuruan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah pada sabtu 17 juni 2017.
Kapala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Bambang Gatot Hastowo melaporkan tujuan diadakannya wisuda ini guna memberi sesanti kepada para siswa agar bisa memanfaatkan apa yang mereka pelajari selama menempuh pendidikan di SMK Jawa Tengah untuk diamalkan kepada masyarakat. Disampaikan siswa yang di wisuda tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 233 siswa, dari 166 SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang, 48 Siswa SMK Negeri Jawa Tengah di Pati, dan 67 Siswa SMK Negeri 3 Purbalingga. Raihan prestasi yang sangat membanggakan yaitu peringkat satu Ujian Nasional Sekota Semarang dan peringkat dua seJawa Tengah, untuk SMK Negeri Jawa Tengah yang di Pati meraih peringkat satu Ujian Nasional seKabupaten Pati dan peringkat 15 seJAwa Tengah, begitu juga SMK Negeri 3 Purbalingga mendapatkan peringkat kedua sekabupaten Purbalingga.
Selain prestasi pada Ujian Nasional siswa siswi SMK Negeri Jawa Tengah juga menorehkan prestasi yang  membanggakan di tingkat nasional yaitu menjadi juara satu Olimpiade Sains Terapan Nasional bidang Matematika, juara satu nasional lomba kewirausahaan nasional di Universitas Negeri Surabaya, dan masih banyaklagi prestasi-prestasi lainnya.
Keterserapan lulusan SMK Negeri Jawa Tengah pada dunia usaha dan industry maupun keperguruan tinggi juga patut diapresiasi, dari 233 siswa SMK Negeri Jawa Tengah yang di Semarang 144 siswa sudah terserap didunia usaha dan industry, 10 siswa mendapatkan beasiswa diperguruan tinggi, 2 siswa berwirausaha, dan 71 siswa masih diusahakan agar bisa terserap di dunia usaha maupun  industry.

Gubernur Jawa Tengah  pada berkesempatan itu juga mengalungkan pataka dan memberikan ijazah tanda telah di wisudanya para siswi siswi yang diwakili oleh siswa siswi yang berprestasi dan diikuti oleh siswa siswi yang lainnya.

Gubernur Jawa Tengah menyampikan rasa bangganya dan telah bisa menjadi saksi wisuda perdana dari siswa siswi yang berprestasi ini, “ini adalah moment yang istimewa, Saya bangga karena turut serta menjadi saksi wisuda yang perdana dari 233 siswa dengan prestasi yang luar biasa, Saya mendapatkan kabar SMK Negeri Jawa Tengah lulus Ujian Nasional dengan rata-rata nilai tertinggi di Kota Semarang, Pati, maupun di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain itu ada 5 siswa yang mendapatkan nilai 100 pada matapejaran Matematika, dan siswa atas nama Widi Styansah mendapatkan nilai rata-rata tertinggi yaitu 94,2.
Jadi  SMK Jawa Tengah yang coba kita rintis dan untuk pertama kalinya hari ini hasilnya tidak sia-sia, Negara membiayai, Negara mendorong untuk semua saja tanpa terkecuali untuk meraih cita-cita melalui SMK ini, saya ucapkan selamat tidak hanya untuk siswa yang diwisuda saja, tapi juga kepada bapak ibu orantua yang hadir memdampingi, ini putra putri panjenengan yang sudah menyelesiakan kewajibannya untuk bersekolah dengan prestasi yang mereka raih”. kata Gubernur dihapan siswa siswi SMK Jawa Tengah dan para tamu undangan yang hadir.

Setelah Upacara wisuda, Gubernur memberikan penghargaan kepada para guru dan tenaga pendidikan SMK Negeri Jawa Tengah yang berprestasi dan dilanjutkan dengan talk show dengan masyarakat tentang pendidikan.
.
(fdj)