PAUD Wonogiri Dapat Bantuan Bank Dunia

by Administrator | 11-12-2008 09:17 WIB | 8030 Views | Kategori : PNF dan PT

WONOGIRI-Bank Dunia (World Bank) memberikan bantuan dana 90 ribu dolar AS atau senilai Rp 13 miliar lebih untuk pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Wonogiri. Rabu kemarin, dilakukan penandatanganan surat perjanjian pemberian bantuan (SPPB) di Aula Kantor Diknas Wonogiri.

Penandatanganan dilakukan oleh pejabat pembuat program yakni Kepala Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Wonogiri Drs H Suharno MPd, dan Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri Drs H Suparno MPd, bersama para pimpinan lembaga PAUD yang menerima bantuan.

Secara simbolis dari pimpinan PAUD diwakili oleh Sutarman dari PAUD Desa Miri Kecamatan Kismantoro dan Sutarjo dari PAUD Desa Pondok Kecamatan Ngadirojo.

Ikut hadir memberikan sambutan, Ketua Komisi D DPRD Wonogiri, Wawan Setya Nugraha SSos. Upacara penandatanganan naskah SPPB pengembangan PAUD dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang dilakukan oleh tim fasilitator.

Menurut Suparno, Kabupaten Wonogiri terpilih sebagai model nasional dalam pengembangan PAUD, di samping Kabupaten Banjarnegara, Cilacap, dan Rembang. Program pengembangan tersebut akan berlangsung selama tiga tahun.

Kasub Dinas PLS Wonogiri, Suharno, mengatakan program PAUD yang didanai bantuan Bank Dunia tersebut untuk membiayai pengembangan PAUD di 60 dari 294 desa yang ada di Kabupaten Wonogiri. Realisasi pencairannya akan dilakukan dalam tiga tahap selama tiga tahun berjalan.

Untuk tahap pertama dan kedua direalisasikan masing-masing sebesar 30 persen, kemudian tahap ketiga sebesar 40 persen. Terkait ini, Pemkab melalui APBD Wonogiri juga memberikan sharing pendampingan bantuan dana Rp 300 juta. (P27-45)

sumber: suaramerdeka.com