Pembukaan LKS SMK XXV Tahun 2016 Tingkat Provinsi Jateng

by Fajar BPTIKP | 15-09-2016 08:59 WIB | 1847 Views | Kategori : Dikmen
foto berita
Surakarta – Guna meningkatkan kompetensi siswa SMK di Jawa Tengah, pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK yang ke XXV di Kota Surakarta dengan mempertandingkan 50 cabang lomba, selain meningkatkan kompetensi siswa, ajang lomba ini juga di tujukan untuk memupuk rasa kompetisi dalam berdaya saing para siswa agar mental siswa siswi SMK di Jawa Tengah baik dalam segala hal, mengingat SMK dipersiapkan langsung ke dunia kerja. Lapor Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Drs. Nur Hadi Amiyanto, M.Ed dalam acara pembukaan LKS SMK ke XXV tingkat Provinsi Jawa Tengah, bertempat di Pendopo Gedhe Solo.

Hadir dalam acara pembukaan pada Rabu malam (14/9/2016) Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Ir. Sri Puryono, Walikota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo, didampingi perwakilan Forum Komunkasi Pimpinan Daerah Jawa Tengah dan Kepala SKPD di lingkunga Pemerintah Kota Surakarta.
Wali kota Surakarta dalam sambutannya menyampaikan sugeng rawuh (Selamat Datang) kepada Gubernur Jawa Tengah dan para para peserta LKS di Kota Solo, bapak yang akrab di panggil Rudy ini juga menyampaikan alasan sosok pewayangan Gatotkaca dipakai sebagai mascot acara LKS yang ke XXV di kota Surakarta, “LKS yang diselenggarakan di kota Surakarta kali ini istimewa, kenapa?, Surakarta sejak tahun 2006 sudah ditetapkan sebagai kota Vokasi dan Jawa Tengah juga sudah ditetapkan sebagai daerah vokasi, selain itu sebagai kota budaya seperti yang dikatakan Bung Karno waktu datang ke Jagalan Solo, maka LKS di Solo ini kita berimaskot tokoh pewayangan Gatotkaca, karena waktu Bung Karno Ke Jagalan dan menyatakan Solo sebgai kota budaya patung yang pertama di pegang adalah patung Gatotkaca.” Papar Walikota Surakarta dihadapan Gubernur Jateng dan para peserta yang hadir.

Dalam acara pembukaan tersebut juga di lakukan pengebaliaan piala juara umum LKS dari kota Semarang yang pada LKS XXIV menjadi juara umum di kembalikan kepada Gubernur Jateng dan diserahkan kembali ke panitia penyelenggara LKS XXV.
Diawali dengan pentas tari Cakil yang dipentaskan oleh para siswa SMK Kota Surakarta, Gubernur Jawa Tengah menyampaikan sambutan dalam acara tersebut, dalam sambutannya Gunernur Jawa Tengah menyampiakan selamat bertanding kepada siswa siswi SMK yang menikuti LKS SMK kaliini, para siswa siswi SMK harus bermental juara, selain itu bapak satu ini menyampiakan agar siswa siswi diberiwadah agar mereka tambah percaya diri dengan apa yang mereka pelajari, “Bapak ibu walikota dan kepala dinas, saya berpesan agar siswa siswi ini diberi wadah untuk menampilkan kebolehannya dihadapan umum. Baru saja saya berbisik kepada bapak walikota (walikota Surakarta) minta tolong agara setiap sebulan sekali diselenggarakan pentas seni digudeng seni yang ada, yang main ya bapak Gubernur, Bapak Walikota, Bapak Kepala Dinas, Bapak-bapak PNS, TNI, POLRI yang sama-sama bermain dengan siswa siswi yang susdah belajar kesenian, kenapa seperti itu?, agar siswa siswi itu ingat bahwa mereka waktu belajar kesenian itu sudah pernah main dengan Gubernurnya, walikotanya, dan lain-lain sehingga mereka jadi percaya diri, dampaknya dalam bersing dengan orang luar meraka siap dan berani.” Ungkap Ganjar Pranowo yang lanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda LKS yang ke XXV tingkat Provinsi Jawa Tengah telah dimulai.

Dalam aja pembukaan ini juga dipentaskan wayang kulit dengan dalang siswa SMK N 8 Surakarta Amar Pradopo.