510 SISWA SMK SE-JATENG IKUTI KEMAH PRAMUKA PENDIDIKAN KARAKTER

by Fajar BPTIKP | 21-11-2016 09:36 WIB | 3276 Views | Kategori : Pembinaan SMK
foto berita
Tidak kurang dari 510 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  dari berbagai SMK di Jawa Tengah mengikuti Kemah Pramuka Pendidikan  Karakter selama 4 hari berturut-turut (15- 18 November 2016) di arena out bond Wisma Salib Putih, Jalan Hasanudin Salatiga.  Kemah Pramuka pendidikan Karakter yang baru pertamakali diselenggarakan ini bertujuan  untuk membina karakter para siswa yang berlandaskan norma-norma agama, jiwa nasionalisme, patriotism, heroisme dan cinta tanah air, disamping untuk meningkatkan kemampuan belanegara serta menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan. 
Kemah pedidikan karakter  tersebut dilengkapi pula dengan kegiatan out bond  serta ceramah tentang pendidikan karakter , baik dari Kwarda Jawa Tengah, Direkturat Pembinaan SMK Pusata, DInas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah serta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah.
Demikian dijelaskan Kepala Bidang Pendidikan Menengah yang diwakili oleh Kasi Pengendalian Mutu Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Hari Wuljanto,S.Pd,M.Si. pada acara pembukaan di arena out bond Wisma Salib Putih Salatiga, Selasa, 15 November 2016.
Lebih lanjut Wuljanto menjelaskan bahwa setelah selesainya kegiatan perkemahan  ini diharapkan para peserta kemah  memiliki karakter kebangsaan dan kemampuan belanegara, memiliki jiwa kemimpinan serta terjalinnya persahabatan dan persaudaraan serta persatuan dan kesatuan yang kuat antar para siswa.
4 FUNGSI PENDIDIKAN KARAKTER
Kepala DInas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melalui Sekretaris DInas Pendidikan, Dra.Endang Purnomo Retno,MM ,  saat  membuka kegiatan  mengatakan bahwa ada 4 fungsi pendidikan karakter yang harus dipahami dan diimplementasikan oleh para siswa, antara lain pertama sebagai perilaku yang sesuai dengan norma-norma agama dan budaya. Kedua berfungsi sebagai modal untuk memantapkan rasa percaya diri, ketiga sebagai pendorong mental kemandirian dan keempat sebagai  sarana untuk memperkuat  keteguhan, semangat, daya juang dan daya tahan. 
“Pendidikan karakter bagi para siswa menjadi bagian penting dalam rangka meraih sukses masa depan. Sebab, Intellegent Quotion (IQ) belum sepenuhnya menjadi jaminan  kesuksesan, tetapi jika IQ  tinggi dibarengi dengan ESQ ( Emotional Spiritual Quotion) , yang tinggi pula, insyaallah akan mempermudah kesuksesan masa depan”, jelas Endang seraya menambahkan banyak orang mempunyai IQ tinggi tetapi gagl dalam hidupnya, tetapi banyak orang yang mempunyai IQ rata-rata dengan dibarengi ESQ yang kuat, banyak yang berhasil dalam hidupnya.