Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2016

by Fajar BPTIKP | 25-05-2016 02:13 WIB | 3226 Views | Kategori : PNF-PT
foto berita
Banyumas - Dalam rangka memeriahkan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016 yang pemusatan kegiatannya di Kabupaten Banyumas pada 25 Mei 2016. Sehari sebelum acara puncak diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melaui Bidang Pendidikan Non Formal menyelenggarakan Seminar dengan  tema “Mingkatkan Peran Bunda PAUD Dalam Mengoptimalkan Dukungan Masyarakat Menuju Layanan PAUD  yang Berkualaita”. Bertempat di Hotel Domic, Porwokerto (24/5).
Empat Narasumber yang berkompenten dibidangnya dihadirkan untuk menyukseskan acara Seminar yang di ikuti oleh 70 orang dari unsur bunda PAUD dan Kepala Bidang PNF se Jawa Tengah itu, Bunda PAUD  Atikoh Ganjar Pranowo hadir ditengah bunda-bunda Kabupaten dan berkesempatan menyampiakan materi “Upaya Bunda PAUD dalam Mendukung Program PAUD”, guna mengedukasi tentang PAUD hadir juga Pakar dan Praktisi PAUD Yulianti Siantayani yang menyampaikan materi “Menjawab Tantangan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan”, Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Harry Wulyanto menyampaiakan materi “ Manajemen Kemitraan Saruan Pendidikan, Kleuarga dan Masyarakat”.  Dan Kepala Bidang PPTK Imron Rosyadi membawakan materi “ Strategi Menjadi Guru PAUD yang Berkualitas dan Berkompen”. Dengan diadakannya seminar ini diharapkan meninkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para peserta dalam meningkatkan mutu dan pelayanan PAUD di Jawa Tengah.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto dalam sambutannya sebelum membuka acara seminar tersebut menyampaiakan, “Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pendidikan transisi, mengingat Pendidikan itu ada tiga yaitu pendidikan formal yang bisa ditempuh sekolah, madarasah, dan perguruan tinggi, yang kedua pendidikan non formal yaitu pendidikan yang di selenggarakan oleh masyarakat atau kelompok masyarakat, dan yang ketiga pendidikan informal yaitu pendidikan yang diselengarakan dilingkungan kelauarga. PAUD ini merupakan transisi antara pendidikan informal menuju ke formal baru ke pendidikan non formal”.